Kamis, 15 Juli 2010

Kursus Wasit FIFA Futuro Digelar Di Jakarta

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah dari Kursus Instruktur Wasit Futuro III wilayah Asia zone Asia Tenggara, yang akan dilangsungkan pada 17 hingga 22 Juli ini di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta.

Futuro III Refereeing Instructor Course ini diikuti 36 peserta dari delapan negara Asia Tenggara, termasuk delapan peserta dari Indonesia. Ke-36 peserta akan mengikuti tiga jenis kursus, yakni kursus intruktur teknis (technical instructor course), kursus administrasi (administrators course), dan kursus intruktur fitness (fitness instructors course).

Kursus instruktur wasit diikuti oleh 16 peserta, yang empat diantaranya dari Indonesia, yakni Yulius Dede, R.Pracoyo, Hariyanto dan Heru Sugiri. Peserta kursus intruktur wasit lainnya adalah Tuy Bunheoun (Kamboja), Sommay Sayaunh-Thongpaseuth Phonesirignavong (Laos), Nasarudin Ishak-Selearajan Subramaniam (Malaysia), Dennisa A.Estaniel-Mario E.Garovillo (Filipina), Nazeer Hussain Mohamed Haniffa (Singapura), Pongsathorn Permpanich-Ekachai Tanadderenkao (Thailand), Duong Van Hien-Dang Thanh Ha (Vietnam).

Kursus untuk instruktur wasit ini akan digelar 17 hingga 22 Juli. Di sela-sela kursus bagi instruktur wasit, dilaksanakan kursus administrasi perwasitan pada 17-19 Juli, yang diikuti delapan peserta. Yakni, Bambang Irianto-Yesayas Leihitu (Indonesia), Chhun Try (Kamboja), Kamarudhin Shakhari (Malaysia), Montano M.Mondia III (Filipina), Abdul Razak Anuar (Singapura), Choochai Buaboocha (Thailand), dan Nguyen Van Mui (Vietnam).

Untuk kursus intruktur fitness, yang dilaksanakan 20-22 Juli, pesertanya juga delapan orang, termasuk dua dari Indonesia, Purwanto dan Jajat Sudrajat. Enam peserta lainnya adalah, Tuy Vichhika (Kamboja), Visith Sengamphanh (Laos), Ravichandran Chappanimutu (Malaysia), Jaime G.Nicolau III (Filipina), Satop Tongkhan (Thailand), dan Pham Chiu Thien (Vietnam).

Keseluruhan materi pada ketiga jenis kursus ini akan diberikan oleh sembilan instruktur wasit dari FIFA dan AFC. Yakni, Fernando Tressaco Gracia (FIFA Refereeing Development Senior Manager), Azimi Abdullah (FIFA Refereeing Development Officer), Neole Barry (FIFA Instructor), Nobaru Ishiyama (FIFA Technical Instructor), Mohammad Radzali Yacob (FIFA Technical Instructor), Bart Gillis (FIFA Fitness Instructor), Ahmad Khalidi Supian (FIFA Fitness Instructor), Salman Hassen Al Hazmi (FIFA Fitness Instructor), dan Ameez Mohammed (AFC Representative).

Materi lisan atau tertulis disampaikan seluruhnya di Hotel Atlet Century Park, sementara untuk praktek dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan.

Para peserta dan instruktur dari FIFA sudah berdatangan ke Jakarta pada hari Kamis (15/7), kecuali Azimi Abdullah yang sudah sejak Rabu siang sudah tiba dari Kuala Lumpur, Malaysia. Azimi datang lebih awal untuk mempersiapkan tempat dan mengurusi barang-barang keperluan kursus yang dikirim oleh FIFA.(adi)
smber:pssi football

Tidak ada komentar:

Posting Komentar