Sabtu, 19 Juni 2010

Persib Akan Uji Pelatih Baru

Menjelang dimulainya babak "8 Besar" kompetisi Piala Indonesia, Persib akan menguji coba pelatih baru asal Prancis, Daniel Darko Janackovic. Demikian hal ini disampaikan Manajer Persib H. Umuh Muchtar, seusai latihan di Stadion Siliwangi, Jln. Lombok, Kota Bandung, Jumat (18/6).

Umuh mengungkapkan, uji coba pelatih baru ini berdasarkan keputusan rapat konsorsium yang berlangsung di Jakarta, Rabu (16/6) lalu. Rencananya, Daniel akan tiba di Bandung, Kamis (24/6) mendatang, dan mulai bergabung bersama Nova Arianto dan kawan-kawan, Sabtu (26/6).

"Pada rapat konsorsium tersebut, awalnya Daniel ini akan diposisikan sebagai direktur teknik terlebih dahulu. Namun, wacana kemudian berkembang, dan Daniel akan dites untuk menjadi pelatih Persib," ucap Umuh.

Lebih lanjut Umuh menjelaskan, kalau memang nantinya Daniel cocok dengan Persib, bisa jadi dia yang akan mengisi kursi kepelatihan yang ditinggalkan Jaya Hartono. Direncanakan, Daniel akan menjalani uji coba sampai kompetisi Piala Indonesia selesai.

"Walaupun akan ditangani oleh pelatih yang sedang diuji coba, kami tetap menargetkan Persib harus menjadi juara Piala Indonesia," ujar Umuh.

Berdasarkan penelusuran "PR" di sejumlah situs internet, Daniel Darko Janackovic merupakan pelatih sepak bola berusia 42 tahun. Dia merupakan mantan pesepak bola profesional yang pernah bermain di liga-liga Eropa, seperti Prancis, Serbia, Bulgaria, dan Portugal. Dia memutuskan untuk pensiun karena kecelakaan mobil dan menjadi pelatih profesional.

Pada situs Wikipedia berbahasa Prancis disebutkan, Daniel pernah membawa klub Partizan de Belgrade menjuarai Liga Yugoslavia U-18 dan melatih di ajang kompetisi Ligue-1 Profesional Prancis. Prestasi lain yang pernah diraihnya adalah menjadi pelatih terbaik Aljazair saat menangani klub Club Sportif Constantinois (CSC) musim 2006-2007.

Pengalamannya melatih di divisi utama dan divisi kedua Liga Aljazair membuatnya mengerti tak hanya cara-cara mengejar hasil akhir, tetapi sekaligus membawanya pada petualangan manusiawi dengan kalangan atas dan masyarakat kelas bawah.

Pengalaman belajar di Arsenal bersama pelatih Arsene Wenger membuat Daniel mengerti secara lebih baik apa yang dituntut dari seorang pelatih kelas dunia, yaitu memotivasi para pemainnya. Daniel juga pernah belajar di Real Madrid saat masih diarsiteki Vicente del Bosque dan mendapat pelajaran bagaimana cara menjalankan sebuah klub raksasa, bagaimana kesulitan, serta peluangnya.

Janackovic termasuk pelatih yang rajin mencermati pelatih-pelatih kelas atas dan memacu dirinya untuk terus belajar dari mereka. Melihat, menganalisa, dan mengamati pertandingan-pertandingan di Liga Prancis dan dunia, membuatnya menonton setidaknya 400 pertandingan setiap tahunnya. (A-187)***

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar